Pages

Sabtu, 12 Maret 2016

HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL ( HTTP )



Pengertian Hypertext Transfer Protocol ( HTTP )
HTTP (Hypertext Tranfer Protocol ), lebih sering dilihat sebagai http) adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protocol ringan, tidak berstatus dan generic yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk system informasi terdistribusi, kolaborasi, dan menggunakan hypermedia. Penggunaannya banyak dipakai pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris, Tim Benners-Lee.

Untuk memperkenalkan aturan HTTP, sehingga perangkat elektronik dapat berkomunikasi dengan website secara langsung. Sistem dirancang dengan dua sub sistem utama yaitu website data logger dan website. Data logger direalisasikan menggunakan ATMega16 yang diintegrasikan dengan sumber data analog dan digital, RTC serta modem GSM. Data logger berfungsi sebagai pengirim data, sedangkan website berfungsi sebagai pengatur, penerima, pengolah dan penyaji data. Sistem ini telah berhasil melakukan komunikasi antara data logger dengan website melalui HTTP, artinya protokol ini dapat diimplementasikan pada data logger yang menggunakan ATmega16. Perubahan data analog dan status logika 0 dan 1 dari data digital yang terjadi pada data logger dapat dilihat pada tampilan di website.
Perkembangan HTTP
Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk Waring Wera Wanua. dan juga Internet Engineering Task Force (IETF) yang merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet, yang berujung pada publikasi beberapa dokumen. Request for Comments (RFC) adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar Internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare. , dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
Dukungan untuk HTTP/1.1 yang belum disahkan, yang pada waktu itu RFC 2068, secara cepat diadopsi oleh banyak pengembang penjelajah Web pada tahun 1996 awal. Hingga Maret 1996, HTTP/1.1 yang belum disahkan itu didukung oleh Netscape 2.0, Netscape Navigator Gold 2.01, Mosaic 2.7, Lynx 2.5, dan dalam Microsoft Internet Explorer 3.0. Adopsi yang dilakukan oleh pengguna akhir penjelajah Web pun juga cepat. Pada bulan Maret 2006, salah satu perusahaan Web hosting melaporkan bahwa lebih dari 40% dari penjelajah Web yang digunakan di Internet adalah penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1 Perusahaan yang sama juga melaporkan bahwa hingga Juni 1996, 65% dari semua penjelajah yang mengakses server-server mereka merupakan penjelajah Web yang mendukung HTTP/1.1. Standar HTTP/1.1 yang didefinisikan dalam RFC 2068 secara resmi dirilis pada bulan Januari 1997. Peningkatan dan pembaruan terhadap standar HTTP/1.1 dirilis dengan dokumen RFC 2616 pada bulan Juni 1999.



Ratna Susana, Angga Nugraha, Decy Nataliana, 2015, ‘Perancangan dan Realisasi Web-Based Data Logging System menggunakan ATmega16 melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP)’, Pengertian HTTP, vol 3, no 1 , pp. 1, dilihat 12 Maret 2016 , http://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/elkomika/article/view/826.

Haryanto, Edy Victor. 2012. Jaringan Komputer. Penerbit Andi : Yogyakarta.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar