Pages

Minggu, 13 Maret 2016

Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan WEB



Pengertian Web
            Website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan. Hubungan antara satu halaman web dengan  halaman web yang lainnya disebut hyperlink sedangkan teks yang dijadikan media pendukung disebut hypertext. Domain adalah nama unik yang dimiliki oleh sebuah institusi sehingga bisa diakses melalui internet, misalnya lintau.com, yahoo.com, google.com, ephi.web.id dan lain-lain. Untuk mendapat sebuah domainkita harus melakukan register pada registar-registar yang ditentukan. Istilah lain Website adalah homepage. Homepage adalah halaman awal sebuah domain. 

Jenis-Jenis Web
            Seiring dengan perkembangan teknologi informasi website mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berikut jenis-jenis web berdasarkan sifatnya :
  • Website dinamis merupakan sebuah website yang menyediakan content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Sebagai contoh adalah website berita.
  • Website statis merupakan website yang contentnya sangat jarang diubah. Sabagai contoh web profile organisasi dan lain-lain.
Berdasarkan tujuannya , website dibagi atas :
  •   Personal web yang berisi informasi pribadi seseorang.
  •  Corporate web yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
  •   Portal web yang mempunyai banyak layanan, mulai dari layanan berita , email dan jasa yang lainnya.
  •   Forum web yang bertujuan sebagai media diskusi
  •   Dan ada lagi website e-government, e-banking, e-payment, e-procurement.
Sejarah Web
            Sejarah web browser dimulai pada akhir taun 80-an, ketika berbagai teknologi baru menjadi dasar pembuatan web browser pertama di dunia, WorldWiteWeb, oleh Tim Berners-Lee tahun 1991. Browser itu menggabungkan beberapa teknologi software dan hardware yang sudah eksis maupun masih baru pada waktu itu. Diperkenalkannya web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 salah satu web browser gratis pertama grafis pertama memulai ledakan penggunaan web browser . Marc Andreessen, pimpinan tean Mosaic di NCSA kemudian mendirikan perusahaanya sendiri, Netscape dan meluncurkan Netscape Navigator pada tahun 1994.
            Dengan cepat Netscape Navigator menjadi browser paling popular di dunia, pada masa jayanya digunakan oleh 90% pengguna web. Microsoft pun merespon dengan web browsernya, Internet Explorer (IE) pada tahun 1995, sehingga mencetuskan perang browser pertama didunia. Membundel IE dengan windows, Microsoft mampu mengambil alih posisi pemimpin pasar web browser. Pada tahun 2002, IE digunakan oleh lebih dari 95% pengguna.  

Perkembangan web
Saat ini website adalah aplikasi layanan internet yang paling banyak dipakai ( popular ). Sedemikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan website dengan internet. Hampir 80% layanan internet disedot oleh website. Pertumbuhan website sangan cepat sekali, boleh dibilang setiap hari bermunculan puluhan bahkan ribuan web baru, hal ini tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi internet dan teknologi komunikasi data serta banyaknya tersedia tool-tool untuk membuat website secara gratis di internet. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang dapat diakses melalui internet sudah mencapai angka miliaran.
Faktor utama yang membuat website begitu cepat berkembang adalah karena penyebaran informasi melalui website sangat cepat dan mencakup area yang luas ( dunia ), tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Disamping itu, saat ini juga lagi trend pembuatan website pribadi atau blogger, disamping e-banking, e-commerce, e-learning, dan yang lain.
Teknologi web saat ini juga mulai dipertimbangkan adalah web 2.0 yang lebih menekankan bagaimana menampilkan halaman web yang bersifat seperti program desktop pada umumnya, seperti desktop pada umumnya, seperti windows. Fungsi-fungsi pada penerapannya sudah bersifat seperti desktop, seperti drag and drop, auto-complete, serta fungsi lainnya.
Aplikasi web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Software tersebut misalnya software pengolah kata. Ciri-ciri utama web 2.0 adalah memberikan kemudahan berinteraksi antara user dengan system. Proses ini bisa berjalan dengan baik, harus didukung dengan koneksi internet yang baik karena diperlukan bandwith yang cukup untuk loading data.
Adanya kemajuan inovasi pada tampilan di sisi pengguna merupakan karakter web 2.0. Dukkungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javaskript, dan XML membuat pengguna merasakan nilai lebih sebuah website. Kombinasi media komunikasi , seperti instant messenger (IM) dan Voice over IP(vOip) semakin memperkuat karakter web 2.0 di dalam situs tersebut.



Yuhefizar S.Kom, Ir. HA Mooduto, Rahmat Hidayah. 2009. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla ( CMS ), Jakarta : Penerbit PT Elex Media Kumputindo.
Limantara,Hans S. 2009. Jelajah Dunia Maya dengan Cepat dan Mudah . Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar