Pages

Sabtu, 12 Desember 2015

Peran Artist dan Sound/Audio Enginner dalam Game Development

4. Artist
Bagian ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantinya akan digunakan pada game yang akan dibuat. Mengkhususkan diri ke elemen grafik di dalam game baik grafik dua dimensi atau tiga dimensi. Beberapa posisi yang berhubungan dengan art adalah:

  • Character Artist bagian ini menciptakan berbagai model karakter dalam game yang akan bergerak seperti karakter pemain, pesawat, kendaraan dan sebagainya. Selain membuat model, posisi ini juga bertugas dalam menciptakan animasi game.
  • Three Dimention Modeller hampir sama dengan character artist tetapi posisi ini lebih memfokuskan diri ke bagian model yang tidak bergerak seperti lokasi maupun tempat dimana karakter yang dibuat akan bermain.
  • Texture Artist untuk melengkapi model dan karakter yang dibuat maka posisi inilah yang akan mengerjakan bagian tekstur untuk model. Tekstur yang dibuat akan memberikan sentuhan nyata dan hidup dari model dan karakter yang dibuat oleh artist lain.
5. Sound/Audio Enginner
Suatu game tanpa music / backsound sama sekali tidak akan menarik. Itulah sebabnya bagian sound ini juga merupakan salah satu bagian yang penting dalam pembuatan game.
Ada beberapa bagian yang bertugas secara khusus untuk menangani berbagai bidang composer sebagai berikut:

  • Music Composer pada posisi ini khusus membuat musik tema dan musik latar belakang dalam game yang akan dikembangkan sehingga menjadi lebih menarik dan tidak membosankan jika dimainkan.
  • Sound Effects Engineer posisi ini bertugas membuat efek suara seperti suara pukulan, tembakan, suara kendaraan, suara angin, dan lain-lain.
  • Voice Engineer beberapa game menggunakan percakapan dan tugas bagian ini adalah membuat rekaman suara untuk percakapan itu. Sering menggunakan artist yang asli untuk memberikan rekaman suara ke dalam game tersebut.
Suatu game tidak akan berjalan dengan sempurna tanpa campur tangan semua team yang terlibat didalamnya. Semua bagian yang terlibat dalam pembuatan game ini sama pentingnya dan saling berhubungan satu dan lainnya. Kerjasama dari masing-masing team ini akan menghasilkan suatu game yang sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar