Pages

Senin, 14 Maret 2016

Penjelasan tentang File Transfer Protocol



Pengertian FTP
FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol , yaitu suatu standar protocol untuk proses pengiriman file antara komputer-komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, dalam hal ini jaringan internet. Untuk dapat menggunakan FTP, anda harus mendapatkan hak akses dari computer tujuan pengiriman dan atau computer yang datanya akan anda ambil. Selain itu, anda juga harus memiliki software FTP  ( FTP Client ), seperti filezilla, ws_ftp, flashfxp, dan masih banyak lagi yang lainnya.
FTP merupakan salah satu protocol internet uang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan ( download ) dan pengunggahan ( upload ) file-file computer antara FTP client dan FTP server. Sebuah FTP client merupakan aplikasi yang  dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah FTP server.
Topologi yang digunakan adalah klien-server, artinya proses transfer bisa dilakukan seandainya ada tiga syarat yang sudah dipenuhi :

  • Adanya FTP-Server yang berjalan

  • Adanya FTP-Client yang berjalan

  • Server dank lien saling berhubungan

FTP umum digunakan untuk melakukan transfer file ke server Web anda. Hampir semua reseller hosting web di indonesi umumnya sudah menyediakan layanan FTP-Server sehingga memungkinkan anda mentransfer gambar menggunakan FTP-Server. Bab ini akan memandukan anda untuk dapat menggunakan berbagai software FTP-Client yang bisa dipakai untuk memindahkan file wordpress dari computer anda ke server web dengan mudah. Software FTP-Client yang terdapat di buku ini semuanya gratis dan dapat anda cari di CD yang diikutkan di buku ini. 

FireFTP
            Software FTP-Client yang akan dibahas terlebih dahulu adalah FireFTP. Keunikan software ini adalah ukurannya yang sangat kecil dan merupakan add-on dari Mozilla Firefox sehingga dapat dipakai tanpa harus menutup browser Firefox anda. Untuk menginstal FireFTP , anda dapat menghubungkan computer ke internet, namun apabila tidak ada koneksi internet. Anda bisa melihat tips di tahapan akhir bagaimana menginstal dari file instalasi dari CD.




Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : Penerbit PT Elex Media Kumputindo.
Jasmadi. 2008. Seri Otodidak : Belajar Sendiri Membuat Blog dengan Domain Sendiri. Jakarta : Penerbit Salemba Infotek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar