- Teknologi Game
Teknologi game terdiri dari dua
kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk
menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda
maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan
pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game adalah permainan yang
menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan
oleh piranti video. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti
proses baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang
diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.
- Bisnis dalam Game Komputer
Di zaman yang modern ini, tidak
dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk sebagian besar pengguna
teknologi, terutama pengguna komputer. Namun, game ternyata juga dapat
dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu
terdapat peluang untuk mendapatkan profit.
Bisnis dalam game komputer
berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini.
Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu
sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game
online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games
berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang
untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan
tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan
istilah Warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan,
adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal
memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game
online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan
fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game adalah sesuatu yang sangat
digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan
game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual”
(intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena
keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya.
Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana
game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Industri game memang masih terbilang baru di Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya sudah sangat pesat dan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab utamanya adalah berkembangnya era teknologi dan komunikasi.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang menyediakan jasa game online. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu.
“Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis,” kata Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncurangame ‘Heroes of Atarsia’ di Senayan City, Jakarta. Disini gamae diartikan sebagai game menjadi gaya hidup dan tren game.
Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Industri game memang masih terbilang baru di Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya sudah sangat pesat dan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab utamanya adalah berkembangnya era teknologi dan komunikasi.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang menyediakan jasa game online. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu.
“Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis,” kata Eva Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncurangame ‘Heroes of Atarsia’ di Senayan City, Jakarta. Disini gamae diartikan sebagai game menjadi gaya hidup dan tren game.
- 3D Engine dan Scene Graph (Game Maker)
Membuat game adalah hal yang sulit,
tidak semua orang bisa membuatnya. Anggapan tersebut seharusnya ditepis
jauh-jauh, karena pada masa sekarang ini banyak software untuk membuat game dengan mudah. Developer akan
mengutamakan pemula yang barus masuk atau ingin terjun ke dunia game
developer. Sebuah developer senior bernama YOYO Games menciptakan sebuah software untuk membuat game platform
PC Windows, Mac, Linux, iOS, Android, Windows Phone, Xbox, PS 3, PS 4, PS Vita,
dan berbagai platform lainnya. Nama software tersebut adalah Game Maker: Studio.
Game
Maker memberikan layanan bagi pemula hingga
profesional dalam pengembangan game, yang memungkinkan mereka untuk membuat game antar-platform
dalam waktu singkat dan minim biaya. Selain membuat pengembangan game, Game
Maker 80% lebih cepat daripada coding tools untuk bahasa pemograman.
Pengembang dapat membuat prototipe yang berfungsi penuh hanya dalam
beberapa jam, dan akhirnya game selesai hanya dalam hitungan minggu.
- Desain Skenario, Skript dan Story Board Game Komputer
a. Desain
Skenario
Skenario
adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi
sesuai dengan yang diinginkan. Kalau
dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game
adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game
adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat
mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah
sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game.
Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio,
serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik,
tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel.
Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around
point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang
mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.
Ditambah
lagi, berbeda dengan skenario, tidak bisa secara pasti ditentukan, dokumen apa
saja yang akan ditemukan dalam design documents, karena itu tergantung pada
gaya game yang akan dibuat. Hampir sama seperti pembuatan film dimana penulis
skenario pertama-tama menulis tema, kalau ada produser yang berminat, penulis
skenario membuat sinopsis, dan setelah mendapat persetujuan produser, baru
skenario dibuat, begitu juga prosesnya dalam merencanakan suatu judul game
komputer. Temanya dibuat dulu, kemudian konsep dan akhirnya design documents
disusun. Gambaran seperti ini adalah kondisi yang ideal, tidak semua pengembang
melalui proses ini, walaupun hal itu patut disayangkan. Cukup rumit bukan?
Serupa namun tak sama hehe.
Konsep
seharusnya berguna untuk memberikan gambaran garis besar tentang cerita,
prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat untuk gameplay. Karena itu
konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game, kerangka peraturan, sinopsis
cerita (kalau ada cerita), karakteristik game, contoh misi, atau
situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi perangkat pengguna atau
ada eek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik yang menjadi andalan
pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya dicantumkan daftar unsur yang unik
dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa dijadikan daya jual tinggi bagi
judul tersebut. Konsepnya biasanya ditulis setebal 5-10 halaman. Kalau konsep
sudah diterima, artinya sudah disetujui produser, dinilai positif oleh tim dan
sebagainya, desainer game mulai menulis dengan documents.
Dokumen
ini tidak baku, selama pengembangan bisa dimodifikasi atau diperbarui. Itu
tidak berarti bahwa design document tidak perlu dibuat lengkap dan serius.
Seperti dalam kalimat pembuka, semuanya perlu dipertimbangkan dan direncanakan
dengan teliti, kalau tidak, pekerjaan tim bisa mengalami banyak masalah. Apasaja
yang tidak direncanakan dengan baik akan menyebabkan kerugian waktu dan biaya
dalam pelaksanaan proyek. Tentu saja tidak segalanya bisa direncanakan
sebelumnya, tetapi menurut teori 80/20, sekitar 80% pekerjaan bisa berjalan
sesuai rencana.
Tidak
ada patokan umum apa saja yang harus menjadi bagian design documents, karena
ada banyak perbedaan tergantung proyeknya. Tetapi dalam satu hal semua dokumen
sama, harus mendeskripsikan game secara kompleks maupun mendetail. Setelah
membaca design document, anda seharusnya memiliki gambaran lengkap tentang
produk akhir. Salah satu dokumen biasanya menjelaskan mekanisme game. Sebagai
bagiannya, misalkan untuk RPG dan strategi, adalah peraturan yang menentukan
dan mendiskripsi tipe objek dalam game berikut karakteristik serta hubungan
interaktifnya.
Bagian
lain membahas penerapan hukum fisika dalam dunia game dalam arti luas, misalkan
kekuatan alam yang dapat diterapkan dan bagaimana reaksi objek-objek dalam
game. Ada deskripsi lokasi secara lisan maupun dalam sketsa, skenario cerita,
bisa disebutkan diferensiasi perangkat pengguna. Dan sebaiknya ada daftar
monster (untuk RPG fantasi) atau daftar pasukan (untuk strategi). Singkatnya,
dalam struktur dokumen-dokumen ini seharusnya terdapat seluruh materi yang
mencakup seluruh aspek game. Baru berdasarkan design documents yang lengkap
bisa ditulis spesifikasi untuk rancangan engine atau modifikasi engine yang
sudah ada, dan rencana produksi. Bagian akhir dari design documents adalah
catatan-catatan desainer game, di mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan
atau perubahan yang dilakukan berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
b. Script
Dalam
pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi
yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer
prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat
kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip
biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil
skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya
ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses
hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks
bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang script,
disini ada sedikit rangkuman tentang script :
- Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
- Jenis script sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs.
- Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
- Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM
- Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
c.
Storyboard
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.
Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.
Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.
Sebaliknya, sebuah site map (peta) atau flow chart
(diagram alur) dapat lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur
informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna, terutama urutan
kejadian yang susah diramalkan atau pertukaran audiovisual kejadian menjadi
kepentingan desain yang belum menyeluruh. Salah satu keuntungan menggunakan
Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur
cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik,
secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk
membangun rasa penasaran dan ketertarikan. Seorang pembuat Storyboard harus
mampu menceritakan sebuah cerita yang bagus. Untuk mencapainya, mereka harus
mengetahui berbagai film, dengan pengertian tampilan yang bagus, komposisi,
gambaran berurut dan editing. Mereka harus mampu untuk bekerja secara sendiri
atau dalam sebuah bagian tiam. Mereka harus mampu menerima arahan dan juga
bersiap membuat perubahan terhadap hasil kerja mereka. Untuk proyek tertentu,
pembuat Storyboard memerlukan ketrampilan menggambar yang bagus dan kemampuan
beradaptasi terhadap gaya yang bermacam. Mereka harus mampu untuk mengikuti
desain yang telah dikeluarkan dan menghasilkan kerja konsisten, yang digambar
pada model.
d.
Storyboard
pada Game
Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard
animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan
dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan
tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis
game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur
cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi
storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi
mungkin.
e.
Storyboard
pada Aminasi
Storyboard pada animasi ialah untuk menjelaskan tentang alur
narasi dari sebuah cerita, atau storyboard pada animasi sebagai acuan agar
animator dalam membuat animasi tidak melenceng dari yang dibuat pada
storyboard. Sebenarnya fungsi dari storyboard itu sama, namun yang berbeda
hanya media yang diperuntukkan dari storyboard itu sendiri, contoh storyboard
pada game atau storyboard pada iklan.
- Artificial Intelligent pada Game
Dalam Video Game, kecerdasan buatan
digunakan untuk membuat perilaku cerdas yang biasanya terletak pada non-player
characters ( NPCs), dan seringnya mensimulasikan seperti kecerdasan manusia.
Teknik yang digunakan biasanya menggambarkan metode keseluruhan dari kecerdasan
buatan. Bagaimanapun, penggunaan kecerdasan buatan pada game biasanya merujuk
pada sekumpulan algoritma yang didalamnya termasuk teknik dari teori
kontrol,robotik, grafis komputer,dan pengetahuan komputer secara umum.
Karena kecerdasan buatan pada game
untuk NPCs dipusatkan pada penunjukkan kecerdasan dan menampilkan game dengan
baik dan terdapat batasan lingkungan, pendekatannya sangat berbeda dengan
kecerdasan buatan tradisional; cara curang dan usaha ekstra dapat diterima dan,
pada beberapa kasus, kemampuan komputer harus diturunkan untuk membuat manusia
merasa adil. Contohnya adalah pada game first-person shooter, dimana kemampuan
NPC yang telah didesain mampu melebihi kemampuan manusia.
a. Kegunaan
AI Pada Game Modern
Kecerdasan
buatan pada game atau algoritma heuristic digunakan di banyak bentuk dan area
pada sebuah game. Contoh yang sangat jelas adalah dalam mengontrol dari NPC
pada game, walaupun penggunaan script/kode saat ini merupakan pengontrol yang
umum. Pencarian jalur merupakan contoh lain kecerdasan buatan yang umum
digunakan, dan secara luas dapat dilihat pada game real-time strategy.
Pencarian jalur merupakan metode untuk menentukan lewat manakah NPC untuk ke
tempat tujuan, atau menghindari halangan – halangan, dan bentuk – bentuk
daratan. Diatas pencarian jalur terdapat navigasi, yang merupakan sub bagian
dari kecerdasan buatan pada game yang berfokus pada memberikan NPC kemampuan
untuk menavigasi di lingkungan mereka, menemukan jalur untuk sebuah tujuan
dengan menghindari tabrakan dengan entitas lainnya ( NPC lainnya, player, dsb)
atau berkolaboriasi dengan mereka ( group navigation).
b. Penggunaan
kecerdasan buatan pada game diluar NPC
Georgios
N. Yannakakis menyarankan bahwa akademi pengembangan kecerdasan buatan dapat
memainkan sebuah peran di dalam game dengan kecerdasan buatan melebihi dari
paradigma kecerdasan buatan hanyalah pengontrol perilaku NPC. Dia menegaskan
empat potensi lainnya untuk diaplikasikan dalam area:
- Player-experience modelling: memahami kemampuan dan kondisi emosional pemain, agar menyesuaikan game dengan benar. Hal ini dapat termasuk penyeimbangan tingkat kesulitan game secara dinamis, yang terdiri dari penyesuaian tingkat kesulitan dari game tersebut secara langsung sesuai dengan kemampuan pemain.
- Procedural-content generation: membuat elemen dari sebuah lingkungan game seperti kondisi lingkungan, tingkatan, dan bahkan music dengan secara otomatis. Metode kecerdasan buatan dapat menghasilkan konten baru atau cerita yang interaktif.
- Data mining on user behavior: hal ini mengizinkan desainer game untuk mengeksplor bagaimana manusia memainkan permainannya, bagian mana yang paling sering dimainkan, dan apa yang menyebabkan mereka untuk berhenti bermain, mengizinkan developer untuk mengembangkan game tersebut.
- Alternate approaches to NPCs: hal ini termasuk berubahnya tampilan game untuk menambah kepercayaan NPC dan mengeksplor ke lingkungan social daripada hanya menjadi NPC atau hanya memiliki perilaku NPC.
- Arsitektur Game Engine
Game
Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan
pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk
bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti
Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (
“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan
tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming,
manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses
pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali
mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Engine
bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai
program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry
point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry point-nya adalah fungsi
‘main().’ Biasanya program utama ini relatif pendek. Game engine adalah program
yang ‘memotori’ jalannya suatu program game. Kalau game diilustrasikan sebagai
‘musik’ yang keluar dari mp3 player, maka engine adalah ‘mp3 player’ dan
program utama adalah ‘data mp3’ yang dimasukkan ke dalam mp3 player tersebut.
Dengan adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat
game software menjadi berkurang secara signifikan.
Beberapa
game dengan jenis dan gameplay yang hampir sama bisa dibuat dengan sedikit
usaha bila terlebih dulu dibuat engine-nya. Setelah engine diselesaikan,
programmer hanya perlu menambahkan program utama, memakai resources (objek 3D,
musik, efek suara) yang baru, dan, jika benar-benar dibutuhkan, sedikit
memodifikasi engine sesuai kebutuhan spesifk dari game yang bersangkutan.
Program game engine seluruhnya berorientasi objek. Dia lebih bersifat reaktif
daripada prosedural. Sulit untuk menggambarkan engine secara keseluruhan dalam
flow-chart, karena alur program bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakai
engine, yaitu game programmer.
a. Tujuan
Penggunaan Game Engine
Game engine menyediakan seperangkat alat
pengembangan visual di samping komponen software digunakan kembali. Alat-alat
ini umumnya diberikan dalam suatu lingkungan pengembangan terpadu untuk
mengaktifkan disederhanakan, perkembangan pesat dari permainan dengan cara
data-driven. Mesin pengembang Game upaya untuk “pra-menciptakan roda” dengan
mengembangkan suite perangkat lunak kuat yang mencakup banyak unsur pengembang
game mungkin perlu untuk membangun sebuah permainan.
Kebanyakan mesin permainan suite
menyediakan fasilitas yang memudahkan pengembangan, seperti grafik, suara,
fisika dan fungsi AI. Mesin permainan ini kadang-kadang disebut “middleware”
karena, seperti dengan istilah naluri bisnis, mereka menyediakan sebuah
platform perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang
menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan, langsung dari kotak,
untuk mengembangkan sebuah aplikasi permainan sambil mengurangi biaya ,
kompleksitas, dan waktu-ke-pasar-semua faktor penting dalam industri video game
yang sangat kompetitif. Gamebryo dan RenderWare adalah seperti program
middleware banyak digunakan.
Seperti solusi middleware lainnya, mesin
permainan biasanya menyediakan abstraksi platform, yang memungkinkan permainan
yang sama untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan
komputer pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat ke kode sumber
permainan. Seringkali, mesin permainan dirancang dengan arsitektur berbasis
komponen yang memungkinkan sistem tertentu dalam mesin yang akan diganti atau
diperpanjang dengan lebih khusus (dan sering kali lebih mahal) komponen
middleware game seperti Havok untuk fisika, Miles Sound System untuk suara,
atau Bink untuk Video.
Beberapa mesin permainan seperti
RenderWare bahkan dirancang sebagai rangkaian dihubungkan secara longgar
komponen middleware permainan yang bisa selektif dikombinasikan untuk membuat
mesin khusus, bukan pendekatan yang lebih umum dari memperluas atau
menyesuaikan solusi terintegrasi yang fleksibel. Namun diperpanjang tercapai,
hal itu tetap menjadi prioritas tinggi dalam mesin game karena berbagai
kegunaan yang mereka diterapkan. Meskipun kekhususan nama, mesin permainan yang
sering digunakan untuk jenis lain aplikasi interaktif dengan kebutuhan grafis
real-time seperti demo pemasaran, visualisasi arsitektur, simulasi pelatihan,
dan lingkungan pemodelan.
Beberapa mesin permainan hanya
menyediakan 3D real-time rendering kemampuan bukan berbagai fungsi yang
dibutuhkan oleh game. Mesin ini mengandalkan pengembang game untuk melaksanakan
seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen middleware permainan lainnya.
Jenis mesin umumnya disebut sebagai “mesin grafis,” “mesin render,” atau “mesin
3D” bukan meliputi lebih istilah “mesin permainan.” Terminologi ini tidak
konsisten banyak digunakan sebagai fitur lengkap mesin permainan 3D disebut
hanya sebagai “mesin 3D.”
Beberapa contoh mesin grafis adalah:
Crystal Space, Genesis3D, Irrlicht, JMonkey Engine, OGRE, RealmForge,
Truevision3D, dan Visi Engine. Modern permainan atau mesin grafis umumnya
memberikan grafik adegan, yang merupakan representasi berorientasi objek dari
dunia permainan 3D yang sering menyederhanakan desain game dan dapat digunakan
untuk rendering yang lebih efisien dari dunia maya yang luas
b. Tipe
Game Engine
Game engine biasanya datang dengan
berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3
tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :
Roll – your – own – Game Engine.Banyak
perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya
sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat
game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library
komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai
dari nol.Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan
besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih
fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk
sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat
dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio
membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk
ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari sebelum penggunaannya karena adanya
bug kecil yang sangat mengganggu.
Mostly-ready game engines.Engine ini
biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer.
Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain.
Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung
digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki
beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang
benar-benar terbuka lebar.Hal ini
ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah
game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya
tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti
ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang
sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini
dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
Point – and – click Engine.Engine ini merupakan
engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda
bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker,
Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah
bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada
terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup
semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara.Tapi
bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan
memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi
sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi
developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka
secepatnya. Beberapa Contoh Game Engine Open Source : 3D Game Studio, Delta 3, Unreal
Engine, Panda 3D, Torque, dan Quake Engine.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar